Sukses

Penyebab Mimisan

28 May 2018, 19:17 WIB
Wanita, 16 tahun.

Sore, dok. Saya punya penyakit sinusitis selama 3 tahun & belum lama ini saya mengalami pendarahan pada hidung kiri saat sebelum tidur. Saya tidak sadar hidung sudah berdarah & saat tidur rasanya semua darah yang ada dari dalam hidung mengalir ke kepala. Sekarang saya suka merasa lemas, sakit kepala, pusing, dan demam tinggi. Itu kenapa ya, dok? Makasih.

Terima kasih telah bertanya seputar mimisan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mimisan atau yang dikenal dalam bahasa kedokteran dengan nama epistaksis adalah perdarahan hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah. Epistaksis terbagi 2 yaitu Epistaksis Anterior berasal dari bagian depan hidung dengan asal perdarahan dari pleksus Kiesselbach (kumpulan pembuluh darah). Sedangkan Epistaksis Posterior umumnya berasal dari rongga hidung posterior dengan asal perdarahan dari cabang pembuluh darah arteri sfenopalatina.

Mimisan dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan di bawah ini :

  1. Trauma / cedera / terjatuh
  2. Mengorek-ngorek hidung
  3. Bersin terlalu kencang
  4. Menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC
  5. Akibat cuaca panas
  6. Hipertensi
  7. tumor atau benda asing
  8. infeksi
  9. kelainan bawaan seperti kelainan darah atau gangguan endokrin
  10. perubahan tekanan atmosfer dan masih banyak lagi

Keluhan pusing, lemas, demam bisa disebabkan karena banyak hal seperti kurang cairan, kurang darah (anemia), akibat infeksi virus atau bakteri dan lain sebagainya.

Namun, karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami unuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika Anda cukup sering mengalaminya.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar