Sukses

Efek Kemoterapi Pada Menstruasi

28 May 2018, 15:36 WIB
Pria, 35 tahun.

Halo dokter, perkenalkan nama saya puji astuti usia saya 35 tahun. sekarang ini saya sedang menjalani pengobatan kemoterapi karna saya mengidap tumor phyloides maligna. Saya tau kalau kemoterapi akan menyebabkan penurunan fungsi sel2 normal dan fungsi organ tubuh secara sementara. saya baru melakukan pengobatan kemo yang ke 1 dari yg rencanakan 6 Kali kemo. Nah, yg ingin saya tanyakan kepada dokter, waktu saya kemo sedang menstruasi ? apakah tidak ada dampak kepada menstruasi saya ? Terima kasih dokter, mudah2n dokter menjawab pertanyan saya

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Efek Kemoterapi Pada Menstruasi.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Meskipun tampaknya menjanjikan, kemoterapi tentu saja tidak memiliki resiko. Ada beberapa efek samping yang dapat membuat banyak pasien membatalkan sesi kemoterapi berikutnya. Ada beberapa pasien yang mengeluhkan efek kemoterapi secara langsung, ada pula yang tidak mengeluhkan efek sampng kemoterapi ini. Ada efek samping yang bersifat ringan, ada pula efek samping yang dianggap berat oleh pasien.

Semua efek samping itu akan bervariasi pada tiap pasien, bergantung pada kondisi tubuh, stadium kanker, jenis dan bentuk pemberian kemoterapi.

Yang paling penting adalah menumbuhkan semangat pasien kemoterapi agar mau menjalani pengobatannya. Bahwa bila tidak diobat, tentunya penyakit dapat bertambah berat. Tentunya dibutuhkan kesabaran baik pada pasien kemoterapi maupun keluarga yang mendampinginya.

Mengenai haid, seiring dengan kondisi anda yang semakin membaik, maka haid anda dapat kembali. Tetap menjaga nutrisi yang anda konsumsi ya dan juga jaga kesehatan anda. Untuk memastikan kondisi haid anda, sebaiknya anda tetap berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter anda karena beliau lah yang memeriksa anda secara langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Efek Kemoterapi Pada Menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar