Sukses

Pengobatan dengan Euthyrox

28 May 2018, 12:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

hi dok, sya bru menjalani operasi pengangkatan tumor kecil kelanjar getah bening di leher 5bulan kemarin. luka bekas operasi sudah kering dan setelah operasi itu sya dalam tahap pemulihan dan diharuskan kontrol tiap bulan di RS yg sangat jauh dri tmpat tinggal sya. dan tiap kontrol bulanan pun obat atau resep yg diberikan dokter ya hanya obat yg itu-itu saja (Euthyrox 100 mg). yang ingin sya tanyakan, apakah tidak mengapa klo sya tidak kontrol dan hnya membeli obatnya tersebut saja di apotik? krna biayanya utk kontrol ke RS jg lumayan dan jauh, dan sya kesulitan biaya. apakah jenis obat ini untuk kemo dan berbahayakah bila sya tidak kontrol, hanya membeli obatnya di apotik? terima kasih dokter atas jawabannya..

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Euthyrox mengandung Levothyroxine sodium, digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan tiroid yang biasanya diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kadar hormon tiroid yang rendah dapat terjadi secara alami atau ketika kelenjar tiroid terluka oleh radiasi atau obat atau dihilangkan dengan operasi. Memiliki hormon tiroid yang cukup penting untuk menjaga aktivitas mental dan fisik normal.

Pada pengobatan ini, penderita akan diperiksa kadar hormon tiroidnya secara rutin. Dosis obat dimulai dari dosis rendah yang kemudian ditingkatkan secara perlahan hingga tercapai kadar yang sesuai. Sebagian besar mengalami perbaikan gejala setelah memulai pengobatan dan sebagian lainnya belum merasa membaik setelah beberapa bulan diobati.

Sudah berapa lama Anda berobat? Jika dosis obat sudah tercapai untuk mempertahankan kadar hormon tiroid yang normal, penderita perlu kontrol darah 1 tahun sekali. Karena jika obat dikonsumsi terus menerus tanpa memperhatikan kadar hormon tiroid dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormon tiroid dan menimbulkan efek yang berbahaya.

Kami sarankan agar anda tetap kontrol setiap bulan hingga tercapai kadar yang sesuai di dokter terdekat. Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar