Sukses

Seputar Leukemia

27 May 2018, 23:34 WIB
Pria, 19 tahun.

halo dok, saya ingin bertanya makanan yang di anjurkan untuk pengidap leukimia apa saja dan yang harus dihindari apa? trimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Sebagai informasi, leukemia atau juga disebut sebagai kanker sel darah putih merupakan kondisi keganasan dimana jumlah sel darah putih bertambah semakin banyak daripada jumlah sel darah merah. Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan leukemia, seperti radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu, hingga faktor genetik.

Leukimia dibagi ke dalam 4 subtipe yaitu :

leukemia mielositik kronikleukimia mielositik akutleukemia limfositik kronikleukimia limfositik akutSekitar 80% leukimia pada anak-anak adalah jenis Leukimia Limfositik Akut, sedangkan jenis mielositik hanya terjadi sekitar 15 - 20% saja pada anak. Pengobatan yang diberikan bergantung pada subtipe yang didapatkan. Terapi utama pada penderita leukimia adalah kemoterapi. Lebih dari 90% penderita dapat dikendalikan penyakitnya setelah kemoterapi awal.

Untuk makanan pada penderita kanker umumnya sebaiknya menghindari makanan yang kurang nilai gizinya seperti makanan siap saji, makanan atau minuman dalam kaleng karena takut mengandung pewarna atau pengawet. Sebaiknya memang pada pasien dengan kanker, konsumsilah makanan yang sehat perbanyak di sayur dan buah yang segar.

Harapan hidup penderita leukemia berbeda-beda bergantung pada jenis leukemia yang diderita. Pada penderita leukemia limfositik kronis (LLK) sekitar 60-80% nya memiliki survival rate 5 tahun.  Sedangkan sekitar 34% memiliki survival rate 10 tahun. Tipe LLK pun ada yang pertumbuhan kanker nya cepat ada juga yang lambat. Kami tidak dapat menentukan lama kehidupan seseorang karena semuanya bergantung jenis leukemia, terapi/pengobatan, dan kondisi tubuh penderitanya. 

Cara yang tepat untuk menghibur penderita kanker ialah dengan memberikan dukungan penuh selama proses pengobatan, cobalah untuk mengerti kondisi yang dialami mereka dn mau mendengarkan keluh kesah yang diceritakan mereka tanpa menghakimi sedikit pun. Ajak penderita kanker melakukan aktivitas yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar