Sukses

Perdarahan Pasca Pemasangan IUD

27 May 2018, 23:34 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum,Dokter.. Selamat pagi... Semoga senantiasa diberi kebaikan dalam hal apapun aamiin... Maaf dokter saya ingin bertanya mohon jawabannya... Setelah melahirkan saya suntik kb 3 bulan saya mengalami haid yang tidak teratur,keluar darah tidak banyak tapi terus menerus hingga sekarang usia anak saya 13 bulan.. Kemudian saya pindah ke IUD tapi tetep masih keluar darah terus menerus 😢 sempet dikasih pil untuk menghentikan darah ... Mampet tapi setelah saya berhenti tidak minum obatnya darah keluar lagi....mohon solusinya dok... Terimakasih 🙏

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Flek atau bercak perdarahan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, atau karena penyebab lainnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi  ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi pemeriksaan panggul. Memang, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakitSedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hariCairan vagina lebih banyakRisiko keputihan lebih besarPemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu/Saudari dapat mengkonsultasikan untuk mengganti jenis KB.

Untuk memastikan lagi kondisi Ibu/Saudari pada saat ini, kami sarankan Ibu/Saudari segera mengunjungi dokter spesialis kandungan. Demikian informasi ini kami sampaiakn, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar