Sukses

Pembesaran Limpa

27 May 2018, 23:35 WIB
Pria, 55 tahun.

slamt pagi Dokter saya kemaren 25 mei 2018 melakukan medical cekup dan informasi dr hasil USG sy ada pembesaran limpa normal 11 cm tp limpa sy 13 cm mohon penjelasan dokter 1.apa penyebabnya?dan berakibat apa untuk tubuh saya? 2,gimana pengobatannya supaya kembali normal dan berfungsi baik? 3,apakah saya tidak boleh olah raga sepak bola dan bulu tangkis? trima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai kondisi Ibu Anda. Limpa adalah sebuah organ yang dapat ditemukan di rongga perut bagian kiri atas, tepat di bawah tulang rusuk. Organ ini sejatinya merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Aktifitas sehari-hari limfa adalah memproduksi sel darah putih, menjaga keseimbangan sel darah merah, sel darah putih dan platelet, serta membuang sel-sel darah yang tidak normal yang beredar dalam peredarah darah.

Ukuran limpa normal biasanya "hanyalah" sebesar kepalan tangan. Limpa dapat membesar karena berbagai macam penyebab, dan pembesaran limpa ini tidak selalu merupakan tanda sebuah penyakit. Ukuran limpa yang membesar merupakan suatu tanda bahwa organ ini melakukan kerja yang melebihi kapasitas.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan pembesaran limpa :

InfeksiKankerPenyakit InflamasiTraumaKistaAbses berukuran besarPenyakit InfiltratifSedangkan berikut adalah gejala-gejala yang dirasakan penderita karena pembengkakkan limpa:

Tidak mampu makan dalam jumlah besarMerasa tidak nyaman, "begah", atau nyeri pada perut bagian kiri atas, yang terkadang menyebar hingga bahu kiri. Nyeri yang berlebih terkadang dapat menyebabkan sesak napas.LemasBerat badan menurunMudah terserang infeksiMudah berdarah

Sakit kuningAnemia

Mengetahui bahwa Ibu Anda mengalami pembengkakkan limpa, ada baiknya Anda membatasi beliau untuk melakukan aktivitas fisik berat agar limpa tidak pecah. Penting adanya untuk mengetahui penyakit yang melatarbelakangi pembengkakkan limpa ini, sebelum memutuskan langkah terapi yang tepat untuk mencegah komplikasi. Pada beberapa kasus, Dokter menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan limpa. Apabila limpa diangkat, maka tubuh tidak dapat membersihkan beberapa bakteria tertentu dari dalam tubuh dan lebih rentan mengalami infeksi. Hal ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin dan beberapa obat pasca operasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, kami sarankan Anda untuk kembali melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Umum atau Digestive. Semoga informasi ini bermanfaat dan Ibu Anda dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. 

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar