Sukses

Nyeri Kaki Hingga Pinggul

27 May 2018, 23:19 WIB
Wanita, 55 tahun.

Dok, mama saya kaki nya sakit. Dari telapak sampai pinggul berasa nyeri semua. Sakit nya seperti keram. Berbagai pengobatan sudah di coba tapi tidak membuahkan hasil. Menurut dokter, apa sebenar nya yg terjadi? Apa tindakan yg harus saya lakukan? Bahkan obat pereda nyeri pun tidak ngefek. Setidak nya beri saya saran untuk meredakan nyeri nya dok. Asam urat di angka aman. Terima kasih dok.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri kaki hingga pinggul melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit di daerah pinggul dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan pada otot, ginjal, saraf,pembuluh darah ataupun tulang belakang. Bila nyeri menjalar hingga kaki, mungkin disebabkan oleh gangguan atau terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Low back pain (LBP ) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Ibu Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

 

Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban

Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras

 

Nyeri pinggul yang menjalar sampai ke kaki dan atau menimbulkan gangguan neurologik juga dapat disebabkan oleh hernia nukleous pulposus (HNP), suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Salah satu faktor risiko HNP adalah pekerjaan, seperti terlalu sering mengangkat beban berat, sehingga menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan penonjolan nukleus pulposus. HNP paling sering terjadi di daerah lumbal (tulang belakang bagian bawah), tersering di L3-L5. Gejala yang muncul berupa nyeri kronik dan biasanya hebat pada lokasi penjepitan saraf, kesemutan/baal, nyeri dapat menjalar ke paha/kaki, gangguan buang air kecil/disfungsi seksual, sampai kelemahan anggota tubuh/kelumpuhan. Nyeri biasanya dipicu oleh perubahan posisi tubuh, membungkuk, batuk, mengejan, mengangkat beban, atau suhu dingin.

Sebaiknya Ibu Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemerikaan dan terapi lebih lanjut. Mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang seperti Rontgen, CT-Scan atau MRI untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan struktur terkait seperti tulang belakang. Setelah diagnosis ditegakkan Anda akan mendapat terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri kaki hingga pinggul. Semoga bermanfaat.  

    0 Komentar

    Belum ada komentar