Sukses

Penyebab Mata Silau dan Sensitif terhadap Cahaya

27 May 2018, 20:44 WIB
Pria, 15 tahun.

Mata saya sering seperti silau gitu dok atau seperti banyak cahaya yang masuk kemata dan itu bikin kepala sakit. itu kenapa ya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang mata silau melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan mata silau apabila terkena cahaya dalam dunia medis disebut juga dengan fotofobia. Fotofobia merupakan gejala yang ditimbulkan akibat suatu penyakit atau kelainan.

Kelainan dapat disebabkan oleh gangguan pada mata seperti peradangan pada mata maupun penyakit di luar mata seperti sakit kepala jenis migrain. Penanganannya pun bergantung pada penyebab.

Berikut adalah beberapa penyebab fotofobia:

  • Mata : Mata kering, Penyakit kornea, Uveitis, Blepharitis, Konjungtivitis, Iritis, Asthenopia, Keratoconjungtivitis, Neuritis optikus, Papilledema, Penggunaan lensa kontak
  • Di luar mata : Sakit kepala jenis Migrain, Blepharospasm, Depresi, Trauma Kepala, Meningitis, Perdarahan subarachnoid

Apakah Anda menggunakan lensa kontak? Bila ya, penggunaannya juga dapat menimbulkan iritasi pada mata sehingga mata mengalami peradangan dan sensitif terhadap cahaya.

Yang dapat Anda sementara lakukan untuk mengurangi keluhan silau adalah dengan menghindari sinar matahari, memejamkan mata, menggunakan kaca mata berwarna gelap dan meredupkan ruangan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata silau. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar