Sukses

Penanganan Batuk Kehamilan

27 May 2018, 21:07 WIB
Wanita, 30 tahun.

Permisi dok, Sy wanita hamil 31 minggu. Saat ini sedang mengalami batuk2 (sudah sebulan), awalnya dikasi silex, tp sminggu obat abis gak sembuh. Kmrn kontrol lg mw dikasi silex lg, trus ketika ditnya biasanya sblm hamil pke apa? Sy jwb actifed, dan akhirnya dibolehkan minum actifed. Selain itu sy juga ada keluhan telinga kiri awalnya berdengung trus seperti di pesawat dan skrg suara seperti meredam. Wktu itu sudah dibawa ke tht dan diberi nasonex. Kmrn wkt kontrol ke spog diberi tambahan prednox. Tp ketika sy baca diinet, prednox termasuk kategori C ya dok? Yg ingin sy tanyakan amankah sy minum actifed dan prednox bagi janin saya? Bagaimana jika prednox sy hentikan? Apakah telinga saya jika tidak diobati tidak apa2 dok? Trm ksh

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan batuk menggunakan layanan  Tanya Dokter 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat sehingga tubuh lebih rentan untuk mendapatkan infeksi saluran napas. Namun jika telah berlangsung 1 minggu, sebaiknya anda periksakan langsung kepada dokter spesialis Kandungan Anda agar dapat dicari penyebabnya dan diberikan terapi yang sesuai.

Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan.  Namun, terdapat obat batuk yang masih dapat diberikan kepada ibu hamil, tentunya dalam pengawasan dokter.

Selain itu, untuk mengatasi batuk anda dapat minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol.  Sebaiknya Anda juga  banyak minum dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dan yang terpenting Anda harus istirahat cukup.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai obat-obatan yang dapat digunakan selama kehamilan, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Obat-Obatan di Dalam Kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan semoga kehamilan Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar