Sukses

Obesitas dan Kehamilan

27 May 2018, 20:56 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter, saya obesitas BB 123/170cm saya menikah baru 1 bulan, dan TestKehamilan Positif, Bagaimana pola makanan yg harus saya terapkan, apa solusi bagi saya yg Obestitas dan Hamil ? Bagaimana caranya agar saya tidak menderita diabetes Gestasional, dan bagaimana agar saya dapat menjalani kehamilan sehat yg aman untuk saya juga bagi janin? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar Obesitas dan Kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Selamat atas kehamilan Anda, semoga Anda dan janin sehat selalu.

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan adalah dengan cara melakukan diet makan yang sehat, tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan anda.

Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. 

Di satu sisi, ibu hamil memerlukan nutrisi lebih dibanding sebelum hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin, sementara kenaikan berat badan berlebih juga bukan merupakan hal yang baik bagi ibu yang sedang hamil.

Untuk itu, bila Anda seorang ibu hamil yang obesitas, lakukan langkah berikut: 

  • Menjalani pemeriksaan rutin. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan di trimester pertama, yakni dengan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan pengukuran berat badan. Pemeriksaan diulangi lagi di trimester ketiga untuk mengetahui apakah Anda berisiko terhadap diabetes atau hipertensi.
  • Membatasi asupan kalori. Coba siasati cara mengolah makanan. Misalnya, makanan diolah dengan cara digoreng atau ditumis agar penggunaan minyak dapat dikurangi.
  • Biasakan sarapan pagi dengan makanan yang kaya nutrisi dan sedikit lemak. Misalnya, roti gandum dengan ayam kukus atau rebus dan sayur atau sereal dengan tambahan buah-buahan segar. Anda sebaiknya tidak melewatkan sarapan pagi karena hanya akan meningkatkan keinginan Anda untuk ngemil.  
  • Menyusun menu seimbang. Bila perlu konsultasikan pengaturan menu selama hamil kepada dokter spesialis gizi di awal kehamilan.
  • Rutin melakukan olahraga selama hamil seperti berenang, jalan kaki, senam dan sebagainya.

Komplikasi kehamilan yang umum terjadi pada wanita 'overweight' atau obesitas adalah timbulnya 'Diabetes gestational', 'pre-eklampsi dan eklampsi', kesulitan dalam proses persalinan, yang berbahaya buat ibu maupun janin. Jadi sebaiknya berat badan harus dikontrol selama hamil, tetapi sebaiknya ibu berkonsultasi dengan ahli gizi utk mengetahui model diet yang tepat utk kondisi ibu supaya ibu dan janin tetap sehat dan baik perkembangannya selama kehamilan dan proses persalinan.

Baca artikel ini untuk tahu lebih lengkap tentang obesitas dan kehamilan https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3149027/obesitas-saat-hamil-apa-risikonya 

Serta baca juga artikel tentang diabetes gestasional berikut ini:

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700432/penanganan-diabetes-gestasional-pada-ibu-hamil 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698520/kenali-diabetes-gestasional-pada-kehamilan 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar