Sukses

Batuk Pilek Disertai Bunyi Nafas Berbunyi

27 May 2018, 20:44 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok maaf ganggu saya udah 2hari batuk pilek d sertai nafas berbunyi dok nafas saya sampe tenggorokan doang gak sampe k jantung. Kalo begitu sakit apa ya dok

Terima kasih telah bertanya tentang Batuk Pilek Disertai Bunyi Nafas Berbunyi melalui fitur Tanya Dokter

Apakah batuk yang dirasakan terus menerus? Atau pada waktu tertentu saja (hanya di malam atau pagi hari)? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, penurunan berat badan? Apakah Anda merokok? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Napas berbunyi yang Anda kaluhkan kemungkinan besar merupakan seangan asma. Apakah ada riwayat asma di keluarga? Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan asma adalah:

- Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)

- Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)

- Asap rokok

- Refluks gastroesofagus (sering muntah)

- Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma.

Gejala yang Anda sebutkan mungkin dapat dicetuskan oleh faktor alergi misalnya terhadap udara dingin sehingga mencetuskan asma, ataupun karena infeksi. Namun mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Lakukan olahraga teratur, setidaknya 30 menit selama 3x seminggu untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan stamina.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Batuk Pilek Disertai Bunyi Nafas Berbunyi. Semoga bermanfat.

0 Komentar

Belum ada komentar