Sukses

Tulang Ekor Sakit Saat Hamil

27 May 2018, 16:22 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya eka usia 25 th,sya sedang hamil pertma,sekarang keluhan saya adalah saat hamil usia 3 bulan smpe skrng jaln 5 bulan (17 w)tulang ekor sebelah kanan sakit,dan tidak bisa duduk lama dok apakah saya normal di usia khamilan sya sudah punya keluhan sperti itu dok? sedangkan cek darah kmren HB saya cuma 9.2 ,apakay ada hubungannya dengan hb rendah dengan skitnya tulang ekor dok?trima kasih

Terima Kasih telah menggunakan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, selamat atas kehamilan istri Anda! Kami mengerti kekhawatiran Anda. Selama kehamilan, persendian panggul akan terasa lebih longgar, karena jaringan lunak penyangga tulang (ligamen) pada sendi panggul akan melunak (softening). Juga akan terjadi sedikit pelebaran pada ruang persendian. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri atau pegal pada sendi panggul hingga tulang ekor. Anda tidak perlu khawatir, hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita hamil. Keluhan nyeri ini akan berangsur-angsur pulih setelah Anda melahirkan. beberapa tips yang dapat istri  Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi nyeri:

1.Lakukan senam untuk memperkuat otot dasar panggul dan perut

2.Hindari mengangkat beban terlalu berat

3. Ketika berjalan sebaiknya Anda melengkukan tubuh (seperti membusungkan dada) Anda dengan tangan yang mengayuh di samping agar postur lebih stabil. Hindari postur tubuh membungkuk.

4. Tidur dengan posisi miring dan tanbahan bantal di antara kaki

5. istirahat yang cukup

Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kandungan dan kebidanan bila keluhan dirasa sangat mengganggu. Dokter dapat menyarankan penggunaan penyangga panggul atau fisioterapi untuk menstabilkan sendi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar