Sukses

Ingin Menunda Kehamilan

27 May 2018, 16:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok Ijin bertanya dok. Saya endah berumur 22th. Pada tanggal 20 kemarin saya baru menikah dng suami saya. Pada hari selasa tgl 22 saya datang bulan. Dan pada hari jumat tgl 25 di hari ke 4 datang bulan dan darah yg keluar tinggal sedikit, saya melakukan hub intim dengan suami saya. Yang ingin saya tanyakan 1.saya merasakan sakit sekali saat pertama melakukannya ? Mengapa 2. darah yg keluar saat keluar bercpur dng cairan bening. Apakah itu darah datang bulan, atau darah yg keluar saat pertama hubungan ? 3. apakah kemungkinan hamil saat melakukan hub saat datang bulan hari terahir memiliki kemungkinan dapat hamil ? 4. cara mencegah hamil setelah berhubungan ? Saya dan suami berencana untuk menunda kehamilan di karnakan suami saya bulan juli akan tugas ke papua selama satu tahun. Pd saat berhubungan kemarin suami mengeluarkan cairannya di luar. Tapi di dalam vagina tetap basah, apakah kemungkinan hamil besar ? Terima kasih dok. Mohon bantuannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saat pertama kali berhubungan, karena dinding vagina yang belum lentur dan terbiasa, terkadang dapat terasa sakit. Jika Anda sedang dalam program menunda Kehamilan, maka pilihan pertama sesuai dengan urutan prioritas pemilihan KB adalah dengan metode sederhana atau alamiah. Yang paling sering digunakan dan lebih efektif adalah menggunakan metode kalender.

Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain:

Siklus Teratur

Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi.

Pantau Kondisi Suhu

Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesuburan yang dapat digunakan dengan mudah.

Lakukan dengan Bertanggung Jawab. Sangat dianjurkan teknik ini hanya dilakukan oleh pasangan tetap atau yang hanya bagi yang sudah menikah. 

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan sistem kalender. Kelebihan dari metode kontrasepsi ini adalah, karena sifatnya yang tidak menggunakan obat obatan maupun alat, maka sesungguhnya metode ini sangat alamiah, tidak memiliki efek samping, dan tentunya tidak akan menggangukenikmatan bercinta bagi pasangan. Namun  kekurangan dari sistem ini yakni sistem ini hanya dapat diterapkan bagi wanita wanita yang memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar

  • Ros******wan

    Terima kasih banyak dok atas respon dan solusinya. Untuk kasus saya. Berapa persen kemungkinan akan hamil, karna saya dan suami melakukan hub pertama kali saat hari ke 4 datang bulan.