Sukses

Haid Tidak Teratur Dan Ingin Hamil

27 May 2018, 14:42 WIB
Pria, 35 tahun.

Halo dokter.. saya 35th menikah sdh 7tahun,blm memiliki anak, dr awal haid memang tidak teratur, kadang tiap bln,kadang 3bln,bahkan pernah sampai 13bln.. waktu agustus 2017 tdk ada keluhan apa2 tiba2 saya keluar darah +-5ltr, saya ke dokter kandungan,lalu diberi obat yasmin dan prumolid.kata dokter saya kena endrometrium,minum yasmin sampai bln april2018,dan sdh tdk ada penebalan lg,ketika sy berhenti minum yasmi saya haid 7hari,sampai skrg sy tdk haid dan dianjurkan saya ke dokter kandungan lain lg agar diberi obat hormon. Tp saya tidak ke dokter kandungan lainnya yg disarankan oleh dokter kandungan yg saya konsul, krn saya merasa kecewa kenapa rasanya dilempar kesesama dokter kandungan lainnya. Pertanyaan saya, saya haid terakhir tgl 7-14april 2018 sampai saat ini blm haid lagi..saya bingung apakah mau konsul ke dokter lagi atau bagaimana ?? Apakah berhenti minum yasmin akan kembali terjadi endometrium ( pesan dokter yg saya konsul kalau berhenti minum akan terjd penebalan lagi) Apakah saya bisa hamil setelah stop minum yasmin ini dok ? Atau bahkan terjd endometrium lg ?? Harap dibantu penjelasannya dok.. terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Haid Tidak Teratur Dan Ingin Hamil.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, apa maksud dari Anda mengalami endometrium? Endometrium secara normal dapat ditemukan pada organ rahim wanita. Endometrium merupakan lapisan dari dinding rahim. Sepertinya ada kesalahan istilah yang Anda gunakan.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali. 

Haid tidak lancar disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Menggunakan KB spiral (IUD)
  • Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
  • Olahraga yang berlebihan
  • Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Stress psikologis
  • Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
  • Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
  • Terdapat mioma dalam rahim
  • Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Baca juga: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur.

Wanita yang haidnya tidak teratur tetap dapat hamil, namun memang prosesnya lebih sulit. Ini dikarenakan penentuan masa subur menjadi lebih susah.

Selengkapnya mengenai masa subur bisa dibaca di sini: Seputar Masa Subur.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk Anda baca: 

Bila dengan cara-cara di atas masih tetap sulit untuk hamil, sebaiknya Anda dan suami menjalani pemeriksaan organ kandungan dan tes kesuburan. Untuk Anda, dapat dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi seperti kadar progesteron dan estrogen, atau pemeriksaan Anti-Mullerian Hormone (AMH) untuk melihat apakah jumlah sel telur Anda sesuai dengan usia biologis Anda. Umumya pemeriksaan-pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER).

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Haid Tidak Teratur Dan Ingin Hamil. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar