Sukses

Sperma Encer dan Solusinya

27 May 2018, 06:13 WIB
Wanita, 30 tahun.

Mlm dok... sy mau tanya,sy menikah sdh 6bulan smp saat ini sy blm hamil jg. Suami sy sperma ny encer dok dn kami sdh kmn2 mnm obt herbal penambah sperma jg.yg ingin sy tanyakan apakah sperma encer bisa d sembuhkan dn apakah sy bs hamil dok? Mf sblm ny sy sdh pny 2 anak dn ini pernikahan k 2 sy.oiya dok suami sy jg sk pke clana dlm ketat2 dn krj dgn jrk jauh pk mtr.mohon bntuan ny dok krn sy ingin segera hamil lg dok. Sblm dan sesudah ny trimakasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar cairan sperma yang encer melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Cairan sperma normal berwarna putih keabuan dengan konsistensi seperti gel. Volume normal cairan sperma dalam satu kali ejakulasi adalah 2-5 mL.

Cairan sperma yang encer biasanya berwarna bening dengan konsistensi yang lebih encer serta mengandung jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan cairan sperma normal.

Berikut adalah beberapa penyebab cairan sperma encer:

  1. Sering melakukan masturbasi atau berhubungan seksual. Masa hidup sperma adalah 2-3 hari, sehingga bila dilakukan lebih dari 1x dalam sehari, cairan sperma yang dikeluarkan akan cenderung encer dan berwarna bening. Penyebab ini bukan berarti sperma yang dihasilkan berkualitas jelek.
  2. Oligozoospermia, di mana jumlah hitung sperma kurang dari 15 juta per ml cairan sperma. Untuk kasus ini, jumlah sperma memang cenderung sedikit setiap kali ejakulasi. Penyebabnya paling sering adalah kekurangan Zinc.
  3. Defisiensi fruktosa akibat diet yang salah atau olahraga berlebihan dapat membuat cairan sperma encer. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur.
  4. Ejakulasi retrograde di mana cairan sperma tidak ada atau hanya sedikit sekali saat ejakulasi.

Bila hubungan seksual sering dilakukan (lebih dari 1x dalam sehari), tentunya cairan sperma yang dikeluarkan setiap kali ejakulasi akan semakin berkurang. Ini merupakan hal yang wajar.

Karena itu, agar peluang hamil meningkat, disarankan untuk berhubungan intim 2-3 kali per minggu. Ini sesuai dengan waktu produksi sperma, yaitu setiap 2-3 hari.

Jika setelah melakukan saran ini, tetap belum hamil, sebaiknya Anda dan suami melakukan fertility check up. Anda perlu menjalani beberapa macam tes, dan suami perlu menjalani analisis sperma.

Kami sertakan pula beberapa artikel pendukung untuk Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar