Sukses

HbsAg Reaktif

26 May 2018, 19:57 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamu'alaikum dok..? Saya Hasnan Adip Avivi saya mau tanya... Saya baru saya melakukan medical check up, alhamdulillah yang lain normal... Tapi ada satu yang positif dok yaitu pada darah saya.. Pada hasil MCU, HBSag reaktif : 7,04 index.. Apakah itu berbahaya bagi kesehatan saya dan karir saya dok... Mohon jawabanya. Terimakasih.! Wassalamu'alaikum.!

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

HBsAg merupakan penanda infeksi virus Hepatitis B dan bila hasilnya positif/reaktif artinya Anda mengalami infeksinya. Infeksi Hepatitis B sendiri bersifat kronik sehingga gejalanya seringkali tersamarkan. Infeksi ini bisa didapat melalui hubungan seksual atau melalui proses kelahiran dari ibu yang mengalami Hepatitis B. Kemungkinan yang Anda alami adalah yang kedua.

Hasil HBsAg yang positif perlu dikonfirmasi secara kuantitatif dengan pemeriksaan HBeAg dan HBV-DNA, untuk melihat apakah infeksi virusnya sedang akut (sedang banyak-banyaknya atau tidak). 

Saran kami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi (SpPD-KGEH) yang ahli dalam bidang hepatitis untuk mendapatkan evaluasi lanjutan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar