Sukses

Anal Skin Tag Akibat Gesekan

26 May 2018, 09:01 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat malam, Dok. Saya ingin bertanya 4 bulan yg lalu bagian dubur saya perih seperti lecet karena terlalu lama berkendara motor akibat macet dan sekarang sakit nya hilang tapi setiap buang air agak jendol apakah itu berbahaya ??

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Benjolan dekat lubang anus bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika Anda pernah mengeluhkan BAB berdarah, maka kemungkinannya adalah wasir.

Baca juga: Mengatasi Ambeien.

Namun jika benjolan tersebut tidak berdarah, tidak nyeri, dan ukurannya tidak membesar, maka ada kemungkinan adalah anal skin tags.

Anal skin tags adalah lebihan kulit yang biasa terdapat di sekitar lubang dubur dan dianya tidak berbahaya malah sering disalah anggap sebagai warts atau kutil kelamin ataupun wasir. Anal skin tags juga di kenal sebagai hypertrophied papillae ataupun fibro epithelial polyps. Skin tags perlu di periksa oleh dokter untuk memastikan betul-betul tidak berbahaya dan bukan sejenis kanker.

Walaupun skin tag ini tidak berbahaya tetapi ia bisa mendatangkan masalah kebersihan selepas BAB.

Skin tag dapat menyebabkan kelembapan ataupun melekatnya sisa feses dan akhirnya dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Iritasi skin tag juga dapat terjadi akibat dari pergesekan saat pencucian dengan toilet paper ataupun tergeser dengan pakaian dan pergerakan saat duduk.

Kadang-kadang skin tag adalah bagian dari pelebaran fisura analis (kulit anus retak), yang juga dikenal sebagai Sentinel Pile, yang amat menyakitkan apabila tersentuh.

Skin tag dapat di buang dengan Cryo therapy atau bedah beku atau cara bedah konvensional. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah untuk meyakinkan apa penyebab keluhan Anda dan bagaimana prosedur penanganan yang tepat pada kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar