Sukses

Demam Pada Bayi Prematur

25 May 2018, 21:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dok saya mau tanya anak saya kemarin lahir prematur sekarang usianya 3minggu, dia demam naik turun aja tapi minum asi nya rampus banget

Terima kasih telah bertanya tentang Demam Pada Bayi Prematur melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada umur kehamilan kurang dari 37 minggu, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir dan berat kurang dari 2500 gram. Penyebab demam yang dialami anak Anda bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, misalkan infeksi. Apakah ada gejala lain seperti anak tampak sesak, buang air besar sering atau diare?

Bayi yang dilahirkan prematur belum mempunyai alat-alat tubuh yang sempurna seperti bayi cukup bulan, sehingga akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk hidup diluar kandungan ibunya.

Bicara mengenai tumbuh kembang anak, organ yang paling penting pada manusia adalah otak, sebagai pusat koordinasi aktivitas hidup. Laju pertumbuhan otak paling cepat adalah antara minggu ke 15 dalam kehamilan sampai 2 tahun setelah lahir.

Pada tahap pesat tumbuh kembang, otak sangat peka terhadap gangguan. Setiap gangguan dapat menyebabkan perubahan yang menetap pada struktur dan fungsi otak.

Bayi prematur belum mempunyaii alat-alat tubuh sempurna seperti bayi cukup bulan. Semakin muda umur kehamilan, kematangan organ-organ tubuh makin belum sempurna. Beberapa gangguan tumbuh-kembang anak akibat prematuritas organ-organ tubuh pada bayi prematur adalah;

Imaturitas sistem saraf pusatImaturitas metabolisme bilirubinImaturitas Paru-paruImaturitas saluran cernagangguan imunologi atau daya tahan tubuh, dllKelahiran prematur disamping merupakan salah-satu penyebab tingginya resiko kesakitan dan kematian bayi baru lahir, juga berhubungan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan Anak. Bayi prematur memiliki kecenderungan mengalami gangguan pertumbuhan, dan juga perkembangan.

Untuk itu, jika saat ini anak Anda mengalami keluhan (apapun keluhan kesehatannya) yang dapat Anda lakukan adalah membawa anak untuk diperiksakan langsung oleh dokter spesialis Anak, untuk dilakukan pemeriksaan fisik maupun melihat tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak Anda saat ini. Dan bila terjadi sesuatu anak Anda segera mendapatkan pemeriksaan sedini mungkin.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Demam Pada Bayi Prematur. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar