Sukses

Pemeriksaan Darah Puasa

25 May 2018, 22:06 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya ingin tanya, Dok. Kan besok saya akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagian dalam untuk masuk polri. Nah, para peserta diperintahkan untuk puasa dari pukul 9 malam ini, karena untuk pemeriksaannya sendiri dimulai pada pukul 7 pagi. Kan ada pemeriksaan kadar gula darah, yang ingin saya tanyakan adalah, kalau pada saat buka puasa nanti saya minum jus kurma susu(kurma nya 7 buah; susu beruang), apakah pada saat pemeriksaan kadar gula akan berpengaruh minuman yang akan saya minum tersebut? Di mohon pencerahannya dan apa yang sebaiknya saya konsumsi. Terimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya tentang pemeriksaan kesehatan menggunakan layanan Tanya dokter

Puasa sebelum pemeriksaan laboratorium terutama diperlukan untuk pemeriksaan gula darah puasa pada pemeriksaan darah, dan sedikit mempengaruhi pemeriksaan kolesterol (profil lipid) darah. Jika Anda makan dalam periode puasa yang dianjurkan dapat mempengaruhi gula darah Anda saat diperiksa nanti. Namun, saya tahu bahwa sulit untuk puasa sampai jam 7, karena saat ini sedang bulan puasa yang berarti puasa akan berlanjut sampai malam.

Pada pemeriksaan darah perlu ditanyakan apa saja yang akan diperiksa. Jika hanya pemeriksaan darah tepi biasa untuk melihat profil darah maka memang tidak diperlukan puasa. Jika memang instruksi dari laboratorium tempat Anda akan melakukan pemeriksaan kesehatan menganjurkan perlu dilakukan puasa maka prosedur yang akan dilakukan memang memerlukan puasa dan akan mempengaruhi hasil (Misal: gula darah). Andaperlu memberitahukan  pada laboratorium tempat pemeriksaan yang Anda akan jalani bahwa Anda mengonsumsi roti.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar