Sukses

Perlengketan Organ Perut

25 May 2018, 22:06 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok adhesi usu dan adhesi intraperitoneum atau peritoneal itu sama ?

Terima kasih Anda telah bertanya tentang adhesi menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perlengketan usus atau adhesi usus merupakan suatu keadaan ketika terjadi perlengketan antara usus dengan usus, usus dengan peritoneum (lapisan tipis yang membungkus saluran pencernaan), atau usus dengan organ lainnya. Misalnya saja, usus dengan kantong kencing, rahim, maupun saluran ovarium. Sedangkan adhesi intraperitoneum adalah adanya perlengketan organ dalam perut, yang bisa juga melibatkan usus.

Perlengketan usus biasanya terjadi karena proses infeksi di dalam perut, seperti infeksi pada usus buntu maupun saluran ovarium. Penyebab lain adalah komplikasi dari kebocoran usus, baik usus halus, usus besar, ataupun usus buntu.

Selain itu, perlengketan usus juga sering terjadi setelah operasi bedah pada perut. Mereka yang melakukan operasi kista pada ovarium berisiko mengalami perlengketan usus. Perlengketan usus dapat bersifat sebagian atau total.

Gejala yang terasa antara lain nyeri perut seperti rasa mulas, kesulitan untuk buang angin, dan sembelit. Perut juga terasa kembung serta terlihat membuncit.

Mereka yang mengalami perlengketan usus bersifat total biasanya sama sekali tidak bisa buang angin dan buang air besar, sehingga harus segera menjalani operasi. Sementara pada perlengketan usus parsialis, bisa dilakukan terapi konservatif terlebih dulu. Misalnya, dengan pemberian obat pencahar, pemberian obat yang dapat mengurangi perlengketan pada usus, menjalani fisioterapi dengan latihan otot perut dan kelenturan organ serta jaringan ikat dalam perut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar