Sukses

Mual dan Muntah Selama Kehamilan

25 May 2018, 22:06 WIB
Pria, 24 tahun.

selamat siang dok, saya misma skrg saya sdg menjalani khamilan pertama sya berusia enam bulan tp beberapa hari ini saya mengalami mual dan ingin munta dokter padahal sebelmnya sudah tdk mual lagi pada khamilan 3 bulan.. kira2 apakah penyebabnya dokter ? bagaimana solusinya ?

Terima kasih telah bertanya tentang mual dan muntah selama kehamilan menggunakan layanan Tanya Dokter

Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Sementara setengah dari wanita hamil mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % mengalami hiperemesis gravidarum, suatu kondisi yang lebih serius. Hiperemesis gravidarum sendiri adalah mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin di dalam kandungan. Pada umumnya HG terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, yang dapat berlanjut sampai minggu  ke 16 – 20 masa kehamilan. Apakah Anda memiliki riwayat gangguan maag sebelumnya? Bagaimana dengan ukuran kehamilan Anda saat ini?

Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Dokter akan menganjurkan beberapa pemeriksaan sesuai dengan hasil wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung kepada Anda. Pemeriksaan tersebut ditujukan untuk mencari penyebab dan menilai gangguan-gangguan yang mungkin terjadi akibat mual-muntah yang telah Anda alami yang sebenarnya tidak wajar dialami pada usia kehamilan Anda. 

Pada saat kehamila, keputihan memang termasuk hal yang wajar terjadi. Selama kehamilan terjadi peningkatan produksi dan volume cairan vagina akibat perubahan siklus hormonal di dalam tubuh ibu hamil. Selama cairan vagina tersebut tampak bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan, maka Anda tidak perlu merasa khawatir.

Berikut saya sertakan artikel:

Agar Tetap Nyaman Saat Hamil

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar