Sukses

Terlambat Haid, Test Pack Negatif

25 May 2018, 12:43 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat Pagi Dok Sy Meis umur 24thn dok sy sudah menikah 6bln ini, hpht sy 5 april 2018 dan smpai skrg sy belum haid dok, haid sy memang tidak teratur tp paling lama telat seminggu dok tidak prnah smpai selama ini, dan skrg yg sy rasakan sy cepet laper, PD nyeri lembut, gampang lelah, gampang ngantuk, sensitif sm suami, awal2 mei kmren sempet flek 2x, kdg mual&pusing, kalo kecapekan perut bagian bwh sy terasa kencang dan sempat dipakai berhubungan jga begitu dok. Sy sdh testpack 2x dan itu pd siang hari hasilnya negatif semua, yg sy tanyakan apakah sy hamil dok? Dan kalau iya sy hamil knp saat di testpack hasilnya selalu negatif? Terimakasih atas jawabannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KLikDokter.com

Salah satu penyebab terlambat datang bulan adalah kehamilan. Untuk memastikan kehamilan tersebut maka digunakanlah pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack. Pemeriksaan test pack didasarkan atas deteksi marker kimiawi dalam tubuh yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Pemeriksaan dengan menggunakan test pack tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun pada beberapa kasus dapat terjadi yang disebut dengan keadaan negaif paslu pada pemeriksaan menggunaka test pack, dimana hasil pemeriksaan selalu negatif walaupun Anda merasa terdapat tanda-tanda kehamilan.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah menstruasi terlambat, meskipun terkadang mungkin saja terjadi hasil dari pemeriksaan adalah negatif karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Adapun untuk memastikan telah terjadinya kehamilan, terdapat beberapa tanda pasti kehamilan, diantaranya ialah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaanterdengar bunyi jantung janin pada auskultasiterlihat gambaran janin pada USG atau scanningDengan demikian untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak, sebaiknya perlu didukung dengan dilakukannya pemeriksaan pasti pada kehamilan. Kami sarankan Anda untuk melakukan test pack ulang satu minggu kedepan.bSelain itu bila Anda telah terlambat haid lebih dari dua minggu maka kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut terhadap keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar