Sukses

Pemberian Madu untuk Anak
25 May 2018, 12:43 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya mau tanya dok, saya punya anak berumur 7 bulan. Anak saya asi tp suda 2 minggu ine anak saya kurang minum asi. Apakah boleh di berikan air gula jawa di campur madu? Apakah berbahaya atau tidak???

Terima kasih telahbertanya mengenai madu untuk anak melalu fitur Tanya Dokter.  

Sudah ketentuan yang tercantum pada peraturan pakai (Disclaimer) pengguna www.klikdokter.com untuk tidak menyebutkan suatu merk dalam topik diskusi Komunikasi Informasi Edukasi Medis www.Klikdokter.com. Maka dari itu kami tidak dapat memberikan referensi merk tertentu.Namun bagaimanapun, kami dapat memberikan sudut pandang dari keuntungan madu bagi kesehatan.

Pemberian madu tidak masalah bagi anak asalkan madu tersebut adalah madu murni yang tidak dicampur dengan  pemanis atau pengawet buatan.Menurut beberapa penelitian, kadar gula yang tinggi dalam madu akan menciptakan lingkungan bebas air sehingga bakteri tidak bisa hidup di dalamnya. Selain itu, kandungan asam dalam madu juga bersifat antibakteri.

Madu adalah cairan kental dan manis yang dihasilkan oleh lebah melalui nektar dari bunga. Rasa manis pada madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa yang sama dengan pemanis yang terdapat pada gula.  Kandungan madu sendiri secara lengkap terdiri atas :

fruktosa : 38,5%Glukosa : 31%Sukrosa : 1%Air : 17%Pemanis lain  (maltosa, malezitose) : 9%Lain-lain : 3,38% 

Di dalam dunia kedokteran, madu memiliki berbagai macam khasiat, seperti :

antibakteri : mencegah infeksi MRSAhidrogen peroksida atau sama seperti cairan yang diberikan untuk membersihkan lukamemperbaiki pertumbuhan kulit pada ulkus diabetes (luka pada diabetes)kadar pH yang rendah (asam) mencegah pertumbuhan bakterimengurangi sakit tenggorokan dan radang pada laringmengurangi pembengkakan, luka, dan mengurangi bau 

Untuk anak sendiri, disarankan tidak memberikan madu untuk anak di bawah 1 tahun. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar