Sukses

Pandangan Mata Kabur Setelah Operasi Glaukoma

25 May 2018, 12:44 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya mau tanya... Bulan Oktober 2017 saya di operasi Glaukoma tapi 2 bulan setelah operasi penglihatan saya makin buruk melihat kabut terus,, kontrol ke dokter di RS spesialis mata di Bandung d kasih obat tetes mata sampai sekarang dan sampai saat ini pandangan saya makin terus memburuk.. apakah ada solusi atau saran saya harus periksa kemana

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Definisi dari glaukoma adalah kerusakan penglihatan yang disebabkan meningkatnya tekanan bola mata. Penyebab dari meningkatnya tekanan bola mata adalah karena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga berdampak pada kerusakan syaraf yang terdapat di retina.

Penderita glaukoma umumnya tidak menyadari adanya gangguan penglihatan hingga terjadi kerusakan penglihatan yang lanjut,  karena glaukoma sering berkembang tanpa gejala yang nyata. Kerusakan yang sudah terjadi memang tidak dapat dikembalikan, namun glaukoma dapat dikendalikan sehingga mencegah kerusakan yang lebih jauh. Pada kasus ibu Anda, kemungkinan untuk melihat jelas kembali kecil namun dapat dilakukan penanganan untuk mencegah terjadinya kebutaan total. 

Glaukoma terdiri dari 2 jenis; primer (sudut terbuka dan sudut tertutup) dan sekunder. Glaukoma sekunder terjadi karena kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma, arthritis, atau operasi mata sebelumnya. Karena didasari oleh kondisi lain, maka penanganan glaukoma sekunder selain dengan menurunkan tekanan bola mata agar tidak terjadi kerusakan syaraf lebih lanjut, penting sekali untuk menangani kondisi yang mendasari tersebut. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan bola mata adalah dengan obat tetes mata, laser maupun operasi.

Pasca operasi, harus tetap dilakukan follow up (kontrol) untuk menilai apakah ada perbaikan ataupun komplikasi pasca operasi. Kami tidak dapat mendiagnosis penyakit Anda karena tidak melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Segera berkonsultasilah dengan dokter mata mengenai tindakan yang paling sesuai dengan kondisi mata Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar