Sukses

Mengatasi Perut Buncit

24 May 2018, 21:29 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin bertanya. berat badan saya itu sering turun naik dok, dalam jangka dua minggu gitu tergantung pola makan saya, hari sabtu bb saya 50 dua minggu saya nimbang jadi 55 eh minggu depannya saya cek lagi udah turun lagi 50. tapi bb saya enggak pernah kurang dari 50, tapi suatu hari saya kurang nyaman sama penampilan saya, perut saya buncit apalagi kalau sehabis makan, walaupun sedikit tapi perut saya mengembang kayak orang hamil, bener-bener mengembang sampe kancing jeans saya harus dibuka, padahal saya makan dikit dok. akhirnya saya diet dan olahraga teratur selama 1 bulan kurang akhirnya bb saya turun 6 kg , kaki saya mengecil hanya kaki bagian bawah saja dan tangan saya dari siku ke pergelangan juga mengecil tapi perut saya masih segitu-gitu aja dok. saya denger katanya yang punya penyakit diabetes tidak bisa mengecilkan perut, ayah saya,kakek saya dan nenek saya mempunyai diabetes. penyebab perut saya tidak mengecil itu apakah karena saya juga mempunyai diabetes atau saya kurang turunin bb lagi dok? mohon penjelasan dan bantuannya dok, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perut buncit diakibatkan berlebihnya lemak visceral didalam tubuh. Penyebabnya karena kelebihan kalori, pola makan yang tidak teratur dan kurangnya olahraga.

Untuk mengecilkan perut, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. 

Anda juga perlu mengatur asupan kalori dan mengatur waktu beristirahat. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Sebaiknya setelah pukul 18.00, Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah terutama aerobik secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal. Perut Anda akan mengecil seiring dengan penurunan berat badan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar