Sukses

Nyeri Setelah Melepaskan IUD

24 May 2018, 21:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sya jg setelah lepas iyd klamin sya bgian kanan jg masih terasa skit .. dan sya halangan bulan kemaren dan bulan skrang hnya jrak 2 hri biasa sy rjin hlangn tagl 27 tpi kemaren awal bulan itu pun slama 5 hari dan hnya ngeplek" sj

Terima kasih telah bertanya tentang Haid Hanya 2 Hari Setelah Lepas IUD menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Ketika IUD dilepaskan, maka seharusnya kesuburan akan kembali segera dan tanpa adanya perubahan siklus menstruasi. Namun persoalannya akan berbeda apabila menggunakan kontrasepsi IUD yang menggunakan hormonal. Hormonal tersebut akan mempengaruhi menstruasi dan memerlukan waktu untuk menstabilkan hormon tersebut di dalam tubuh setelah lepas IUD.

Siklus menstruasi yang normal berkisar 21-35 hari dengan pengeluaran sekitar @3-7 hari. Selama masih di dalam rentang tersebut maka masih normal. Siklus Anda saat ini memang masih mengalami adaptasi akibat dari pelepasan IUD. Nyeri pada kelamin anda mungkin dikarenakan prosedur pelepasan IUD yang menggunakan alat-alat seperti inspekulo yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada vagina anda. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, nyeri akan hilang dalam beberapa hari kemudian. Namun jika timbul bercak darah dan nyeri tidak berkurang, segera periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda.

Saran kami adalah untuk mengobservasi 3x siklus ke depan, dan apabila masih belum sesuai dengan definisi normal yang kami berikan (apabila memang menstruasi Anda sebelum memakai IUD adalah normal), maka konsultasikanlah langsung ke dokter kebidanan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar