Sukses

Narkolepsi

24 May 2018, 13:00 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat siang dok. Saya perempuan 18 tahun. Saya tipe orang yg mudah tidur dok, sejak usia saya 12 tahun. Mulai itu saya sering tertidur di sembarang tempat dan aktivitas. Hingga saat ini saya juga masih sering seperti itu, hampir setiap hari. Saya merasa sepanjang hari saya penuh dengan rasa kantuk. Padahal jam tidur saya sudah cukup. Dan ketika rasa kantuk menyerang, saya seolah tidak bisa melawan, sehingga saya sering tertidur di berbagai situasi dan kondisi, seperti saat mengendarai kendaraan, pembelajaran di kelas, menggoreng, mengantri, upacara, dll. Walaupun memang durasi saya tertidur hanya beberapa detik saja, namun saya merasa hal tsb sangat mengganggu saya. Ketika saya mau tidur yg disengaja, saya juga cepat sekali untuk terlelapnya dok. Beberapa bulan yg lalu saya membaca sebuah artikel ttg narkolepsi. Lalu saya mencoba untuk memeriksakan diri di dokter. Namun, si dokter malah menertawakan keluhan saya dan menganggap saya mengada2.padahal saya berbicara jujur. Akhirnya si dokter menyarankan saya untuk ke dokter saraf, namun sampai sekarang saya tidak pergi ke dokter saraf. Saya menjadi malu dan takut dikira mengada2 cerita. Yang mau saya tanyakan, apakah yg saja keluhkan tsb wajar dok? Apakah hal tsb berbahaya? Apakah ada orang lain yg juga seperti saya? Kira2 saya menderita apa ya dok? Makasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Narkolepsi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang seperti Anda sebutkan bisa jadi narkolepsi, bisa juga tidak. Narkolepsi adalah suatu kelainan saraf yang mempengaruhi kondisi bangun atau tertidur. Gejala utamanya biasanya adalah kondisi gangguan tidur, di mana seseorang lebih banyak tidur pada siang hari.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengalami gejala mengantuk berlebihan pada siang hari? Apakah Anda lebih sering tertidur pada siang hari?

Untuk diagnosis lebih mendetil, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik lengkap. Selain itu juga mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya. Bila memungkinkan, Anda dapat mengunjungi klinik yang memiliki klinik gangguan tidur.

Hingga saat ini memang tidak ada obat yang khusus untuk menangani narkolepsi. Pasien biasanya diberikan obat antidepresan. Pasien juga dianjurkan untuk mengubah gaya hidup seperti menghindari kafein, alkohol, nikotin dan mengatur waktu tidur dan waktu tidur siang (sekitar 10-15 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Narkolepsi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar