Sukses

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

24 May 2018, 12:54 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, bgaimana cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama? Bekas luka yang saya alami ini sudah lama sejak 2 SMA dan kini saya udah kuliah semester 7 kena knalpot motor. Masih meninggalkan bekas luka bewarna coklat dan ada putihnya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Menghilangkan Bekas Luka Bakar melalui fitur Tanya Dokter.

Bekas luka bakar yang Anda alami disebut dengan hipopigmentasi pasca luka bakar. Hipopigmentasi pada kulit disebabkan karena kurangnya produksi melanin (pigmen kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti albinisme (albino), vitiligo, dan karena kerusakan kulit akibat infeksi, luka bakar, maupun cedera lainnya. Pada kasus Anda akibat luka bakar. Hipopigmentasi akibat luka bakar seringkali tidak permanen, namun memang membutuhkan waktu yang lama untuk mengalami re-pigmentasi.

Krim yang umumnya digunakan adalah krim yang mengandung hidrokuinon. Sebagian hipopigmentasi tidak respon terhadap obat-obatan maupun krim tertentu, sehingga yang dapat dilakukan adalah menyamarkan area tersebut dengan make-up permanen.

Ada beberapa alternatif lain yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit, yaitu dengan menggunakan IPL (intense pulsed light), laser, microdermabrasion, atau chemical peeling. Untuk kasus Anda, jika inign menghilangkan secara permanen, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dokter kulit akan memeriksa seberapa luas bekas luka bakar Anda dan memberikan pilihan pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Menghilangkan Bekas Luka Bakar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar