Sukses

Darah Haid Menggumpal

24 May 2018, 12:19 WIB
Pria, 46 tahun.

Pagi Dok, 2 bulan lalu berturut-turut saya keputihan dan tidak mens. Bulan ini saya mens dan sudah berlangsung (sampai hari ini) sekitar 10 hari. Di hari ke lima, menstruasi saya luarbiasa dan berupa gumpalan hingga saya tak bisa istirahat/tidur. Sampai hari ini, saya masih menstruasi dengan sesekali mengeluarkan gumpalan kecil, namun belum menunjukkan tanda akan berhenti. Sebelum-sebelumnya, saya menstruasi dengan siklus 24 - 26 dan di hari 2 - 3 mengeluarkan cukup banyak gumpalan, namun sesudahnya menstruasi berkurang banyak. Untungnya selama ini saya hampir tidak pernah merasakan sakit perut saat mens. Bisa jadikah mens panjang dan banyak ini disebabkan oleh stres, dok? Karena beberapa bulan ini saya banyak sekali beban pekerjaan dan urusan keluarga sehingga sulit istirahat. Bagaimana dengan gumpalan mens? Apakahsaya mengalami defisiensi vit K atau zat koagulan? Mohon saran.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai darah haid menggumpal melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah darah haid yang menggumpal.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang. Selama lama haid/perdarahan normal dan tidak disertai keluhan-keluhan lain maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Namun bila keluhan terasa sangat mengganggu dan menyebabkan keluhan lain seperti nyeri perut hebat, pusing dan anemia maka Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai darah haid menggumpal. Semoga bermanfaat. Salam sehat, 

1 Komentar

  • nen*

    Untungnya tidak mengalami nyeri selama haid, Dok. bgmn dengan haid panjang stlh 2 bln tidak mens, dok? apakah bisa krn stres atau sebab lain? adakah sesuatu yg hrs sy konsumsi untuk mengatasinya? Mohon saran