Sukses

Penyebab Detak Jantung Melambat

24 May 2018, 12:47 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya. Kemarin saya saat sedang tidiran main hp tiba tiba dentyt nadi saya temponya lambat tetapi berdenyutnya sangat terasa sekali (saya meletakan hp saya di bagian antara perut dan dada saya. Hp saya bergerak sesuai tempo denyut/ detak jantung saya). saya merasa seperti sedang panik/ nervous gitu kejadiannya hanya sekitar 1 menit kurang lebih. Setelah 1 menit denyut nadi saya mulai normal temponya dan sudah tidak terlalu kerasa denyutnya. Ini kenapa ya dok ? Apa tanda tanda penyakit jantung? Saya pernah mengalami kejadian seperti ini juga tapi sangat jarang terjadi. Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Detak Jantung Melambat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Bradikardi adalah adalah keadaan dimana jantung berdenyut lebih lambat dari normal. Dalam keadaan normal, jantung berdetak sekitar 60-100 kali per menit. Pada keadaan bradikardi, denyut jantung dibawah 60 kali per menit.

Pengukuran bradikardi tidak dapat ditentukan jika hanya berdasarkan satu kali pemeriksaan. Untuk itu perlu dilakukan pemantauan dengan monitor tanda-tanda vital tubuh. Pada beberapa orang, bradikardi tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Tetapi pada sebagian lainnya, bradikardi dapat menyebabkan suplai darah ke seluruh tubuh terganggu.

Oleh karena itu, selama anda tidak merasakan adanya keluhan yang berarti, maka anda tidak perlu khawatir. Jika memang Anda mengalami bradikardia, tak ada salahnya dilakukan EKG jantung. Namun jika disertai dengan keluhan yang mengganggu, anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter terdekat, untuk mencari tahu kemungkinan penyebab yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Detak Jantung Melambat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar