Sukses

Kapan perlu Minum Obat Kolesterol

24 May 2018, 12:38 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat siang, Dok kurang lebh 3 minggu lalu saya cek kolestrol total dan hasilnya 254. Sejauh ini belum minum obat macem2 namun saya saat ini sedang merutinkan rebusan daun salam dan Nutrive Benecol 2 botol perhari. Sebelumnya saya pernah berobat ke dokter namun dokter tak memberikan obat apa apa justru saya hanya diberikan Neuralgin (biasanya di warung juga banyak ya) namun saya tidak minum. Pertanyaan saya, apakah saya perlu berobat ke dokter lain dan harus minum obat penurun kolestrol jika angkanya sudah mencapai 254?? Atau mungkin saat ini saya jaga pola makan dahulu dan merutinkan setiap hari Nutrive benecolnya. Mohon pencerahannya Dok.. Terimakasih :)

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Kapan perlu Minum Obat Kolesterol melalui fitur Tanya Dokter.

Penanda objektif untuk kondisi kolesterol adalah pemeriksaan Trigliserida, HDL, LDL, serta Kolesterol total. Berikut adalah angka normal dari kolesterol :

Kolesterol total: < 200 mg/dLTrigliserida: < 150 mg/dLHDL: > 55 mg/dL (pria) dan >65 mg/dL (wanita)LDL: < 150 mg/dL

Dari Hasil kolesterol yang Anda sampaikan, maka terlihat bahwa nilai total kolesterol Anda berada pada batas atas nilai normal. Bagaimana dengan hasil lainnya seperti trigliserida, HDL atau LDL? Sayang sekali Anda tidak melampirkannya. 

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan. Penanganan pertama pada kondisi Anda lebih ditujukan dengan merubah pola hidup sehat dengan diet kolesterol dan olahraga. Hal yang dapat dilakuakn: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food, berlemak, digoreng, atau berminyak.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digorengHindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otakGunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebasMakan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandumMakanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkanBanyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)Pilihlah makanan rendah kolesterol sebagai makanan sehari-hari, dan hindari makanan yang tinggi kolesterol. Anda juga dapat mengunjungi  Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap seputar kolesterol.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kapan perlu Minum Obat Kolesterol. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar