Sukses

Benjolan Leher

24 May 2018, 11:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

Pagi dok, ingin bertanya. Ibu saya batuk dok. Setelah pemeriksaan katanya penyakit bronkitis. Terus ga lama ada benjolan di leher, setelah ke dokter katanya gondok dok. Nah benjolan nya kandang besar kadang mengecil. Nah, apakah itu normal dok? Atau apakah ada korelasi antara bronkitis dan gondok? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Leher melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Tumor lemak (lipoma)

Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya. Jika sudah diperiksakan pastikan diagnosis nya apa, jika lipoma bisa diangkat, namun jika pembesaran kelenjar getah bening karen infeksi tidak perlu diangkat namun cukup diberikan obat. Jika pembesaran kelenjar tiroid maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Leher. Semoga bermanfaat untuk Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar