Sukses

Haid Tidak Teratur

24 May 2018, 04:25 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hi Dokter, saya mau bertanya HPHT saya 17 April dengan siklus menstruasi terakhir 32 hari, rata2 siklus 3 bulan terakhir 34 hari, lama menstruasi 7 hari. Saya rutin HB seminggu 3 kali. Saya menikah awal maret 2018. Pada 11 Mei saya mengalami flek coklat gelap segaris dan bertambah banyak lalu berkurang selama 5 hari. Flek keluar berbarengan dengan timbul benjolan di bawah bibir vagina sebelah kiri setelah HB. Saya bingung, itu flek tanda kehamilan atau haid ya, dok? Karena sebelumnya saya mengalami gejala2 kehamilan dan saya tidak pernah haid berwarna cokelat gelap, terlebih biasanya jadwal haid saya tetap/ mundur tidak pernah maju 1 minggu seperti itu. Mohon penjelasannya dok, karena saya TP hasilnya (-). Terimakasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kalau memang test pack negatif, berarti kemungkinan besar bukan merupakan kehamilan penyebabnya. Tapi untuk memastikan sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter kebidanan.

Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini?

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

·       Kehamilan

·       Stress dan depresi

·       Nutrisi yang kurang

·       Penurunan berat badan berlebihan

·       Olahraga berlebihan

·       Obesitas

·       Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

·       Gangguan indung telur

·       Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll

·       Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

 

Periksakan diri Anda ke dokter bila:

·       Menstruasi Anda berhenti lebih dari 3 bulan dan Anda sedang tidak hamil

·       Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari

·       Menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1-2 jam

·       Siklus menstruasi Anda berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari

·       Anda mengalami flek-flek kecoklatan diantara siklus menstruasi

·       Anda mengalami nyeri yang hebat sewaktu menstruasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab keluhan terkait siklus haid Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi tentang penyebab terlambat datang bulan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar