Sukses

Mengatasi Alergi

24 May 2018, 00:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya saya tuh dulu waktu kelas 6 SD pernah makan seafood dan terjadilah alergi, setelah kejadian itu sampai sekarang usia saya 19 tahun saya sering terjadi alergi entah alergi dingin, debu dll , nah sampe sekarang saya gatau dari tahun berapa ya saya lupa gatau dari tahun 2017 atau 2016 nah kejadian yang saya alami, kalo saya laper pasti badan saya gatal alergi gitu emang sih ga banyak cuman sekitar perut tangan dan leher , bahkan sekarang saya lagi puasa setiapn hari saya mengalami alergi, bahkan kalo badan saya panas sama alergi muncul bahkan kalo badan panas alerginya banyk, nah itu kenapaya dok?? terimakasih

Terima kasih telah menanyakan tentang alergi melalui fitur Tanya Dokter.

Seseorang yang punya riwayat keluarga mengalami alergi memang akan cenderung lebih rentan mengalami alergi juga.

Adanya benda asing yang terpapar pada tubuh menyebabkan sel imunitas tubuh bereaksi terlalu berlebihan sehingga muncullah gejala alergi.

Alergi sendiri dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh. Mulai dari gangguan pada kulit –seperti biduran dan eksema, gangguan pada mata seperti mata berair dan gatal, gangguan pada hidung berupa hidung berair, gangguan pada saluran napas seperti asma, dan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare.

Alergi makanan kebanyakan disebabkan oleh susu sapi, telur, dan kacang. Selain itu, makanan yang banyak mengandung protein seperti udang dan ikan juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Untuk mengidentifikasi penyebab alergi, orang yang mengalaminya harus memperhatikan pada saat kapan alergi tersebut muncul. Bila sulit diidentfikasi, dokter kerap melakukan uji cukil kulit dan pemeriksaan darah. Bila sudah mendapatkan hasil dan mengetahui penyebab alergi, maka yang harus dilakukan adalah menghindari zat yang menyebabkan reaksi alergi.

Obat yang mengandung antihistamin bisa digunakan untuk mengatasi gejala sudah terlanjur timbul akibat alergi tetapi sebaiknya tak digunakan untuk jangka panjang.

Demikian penjelasan tentang alergi. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar