Sukses

Menangani Gangguan Jantung
23 May 2018, 23:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Kakek saya itu sudah tua dan dia mengidap penyakit kompilasi, yaitu jantung, paru-paru, ginjal dan juga asam urat. Parahnya akhir2 ini kakinya agak membengkak dan otot kakinya menjadi kaku sampai tidak bisa berjalan ataupun berdiri, karena kalau kakinya digerakkan sangat sakit. Saat memilih obat pun harus hati-hati karena takut memberatkan kerja ginjalnya. Bagaimana solusinya yg tepat? Selain itu apa makanan yg dianjurkan dikonsumsi dan yg dilarang? Dan apakah kakek saya boleh mengonsumsi susu?

Terima kasih telah bertanya tentang menangani gangguan jantung melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami menduga yang Anda maksud dengan keadaan Anda adalah terjadinya kegagalan jantung memompa atau berelaksasi untuk menerima darah. Istilah yang umum digunakan adalah gagal jantung. Penyebab gagal jantung cukup banyak, diantaranya adanya tekanan darah tinggi tidak terkontrol, penyakit jantung koroner dan kardiomiopati. Dalam kasus Anda anemia berkepanjangan juga dapat berkontribusi dalam terjadinya gagal jantung.  Salah satu penyebab gagal jantung yang lain adalah kardiomiopati. Kardiomiopati adalah suatu penyakit ketidakmampuan otot jantung memompa jantung, ada 3 tipe kardiomiopati hipertrofi, kardiomiopati restriktif dan yang paling sering adalah kardiomiopati dilatasi.

Kardiomiopati hipertrofi merupakan kelainan genetik dimana sel2 otot jantung terbentuk berlebih sehingga dapat mengakibatkan gangguan irama jantung (aritmia).Kardiomiopati restriktif, biasanya disebabkan karena penyakit amyloidosis, sarcoidosis.Kardiomiopati dilatasi yang sering juga dikenal dengan gagal jantung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jantung koroner, dimana terdapat sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga otot jantung menjadi rusak dan menjadi lemah dan melebar, mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penderita kadang sering mengalami sesak nafas, bila ini terjadi biasanya gagal jantung kiri. Sedangkan pada gagal jantung kanan, penderita sering mengeluh bengkak di kaki.Penanganan "lemah jantung" tentu disesuaikan dengan penyebabnya, umumnya dengan konsumsi obat teratur dan perubahan gaya hidup. Untuk mengurangi kecemasan Anda, ada baiknya Anda melakukan pola hidup yang sehat, asupan nutrisi yang bergizi, olahraga rutin dan bila perlu melakukan pemeriksaan screening jantung seperti EKG atau treadmill untuk mengetahui kondisi jantung Anda saat ini. 

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui [penyebab keluhan Anda dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar