Sukses

Gejala Tifus

24 May 2018, 00:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok, saya ingin menanyakan, saya mempunyai anak berumur 3th. kemarin sakit dan selesai di rawat dari rumah sakit katanya kena infeksi saluran pencernaan, hasil leukosit mencapai 22000. saat d rumah sakit kondisi nya membaik. tp setelah pulang dr rumah sakit mengeluh perutnya sakit dan setiap malam selalu panas. bagaimana mengatasi nya y dok, dan apa bisa gejala tifus? krn kemarin kontrol ke dokter anak hanya mengatakan sakit krn tidak mau makan. pdhl sudah mau makan terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Memang ada dua jenis penyakit yang endemis di Indonesia yang dapat menimbulkan gejala seperti itu yaitu Demam Berdarah dan Typhoid. Yang perlu saya tanyakan adalah sudah berapa lama anda mengalami demam? Untuk mendiagnosa kedua penyakit ini, diperlukan pemeriksaan laboratorium. Untuk DBD diperlukan pemeriksaan : darah lengkap, NS1 anti dengue, atau kalau ingin lebih tepat IgM dan IgG dengue. Untuk typhoid diperlukan pemeriksaan : darah lengkap, widal, atau tubex. 

Untuk typhoid memang tidak dapat didiagnosa dengan sekali pemeriksaan, oleh karena dibutuhkan kenaikan dari kadar titer dari pemeriksaan widal. Namun bila memang gejala anda seperti diatas dan pemeriksaan widal anda positif makan dapat disebutkan sebagai gejala typhoid. Disebut gejala oleh karena untuk mendiagnosa typhoid dibutuhkan kenaikan dari widal serta pemeriksaan lain yang lebih detail. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat segera memeriksakan diri ke dokter. 

Bila memang anda terkena typhoid, oleh karena penyakit typhoid disebabkan oleh kuman (bakteri) maka diperlukan antibiotik (seperti golongan : chloramphenicol atau ciprofloxacin atau levofloxacin atau thiamphenicol), bila badan anda demam dan tidak enak dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk demam seperti paracetamol, bila perut anda tidak enak anda dpaat konsumsi obat-obatan untuk maag seperti antasida, ranitidine atau omeprazole. Untuk diet typhoid : jangn konsumsi makanan pedas, banyak gas, banyak bumbu, sayur dan buah. Diusahakan agar tidak terjadi perangsangan usus yang terlalu berat. Jadi makan bubur dan protein seperti ayam, ikan dan daging. Anda juga sangat memerlukan istirahat. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar