Sukses

Benjolan di Ketiak

23 May 2018, 23:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

siang dok.. sya felisa 20thun, ingin bertanya di ketiak sya ad benjolan kecil, awal mula karena sya mencukur ketiak, pdhal sblum2nya tidk prnh knpa2. pas muncul bnjolan ketiak sy memerah dan nyeri sy pikir mngkn krena ad luka, smpat hilang stlah 5 hri tapi tdk lama muncul kembali dengan rasa sakit dan nyeri. smpai skrng tdk hilang benjolannya sudh skitar 6 bln lbih, tp sdh tdk terasa sakit sma skli. kira2 benjolan apa yg ada di ketiak sya apakah berbahaya? dok. terimaksih sblumnya dok..

Terima kasih telah bertanya seputar Benjolan di Ketiak Setelah Cabut Bulu Ketiak menggunakan fitur Tanya Dokter

Penyebab benjolan di ketiak dapat bermacam-macam, penyebab paling sering di antaranya adalah pembesaran kelenjar getah bening (KGB), infeksi sekitar akar rambut (fokulilitis atau furunkel), maupun radang kelenjar keringat (hidradenitis supurativa).

Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, kemungkinan Anda mengalami hidradenitis supurativa, yang seringkali timbul akibat mencukur bulu ketiak. Setelah bercukur, folikel (akar) rambut akan terbuka dan memungkinkan bagi kuman untuk masuk dan menimbulkan infeksi. Kelainan ini menimbulkan benjolan yang nyeri, merah, meradang, bengkak, dan berisi nanah. Selain di ketiak, penyakit ini dapat timbul di area bokong atau kelamin.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan krim antibiotik dan antibiotik minum, jika kelainan masih ringan. Jika Hidradenitis supurativa sudah berat, perlu dilakukan tindakan operasi.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter bedah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar