Sukses

Aturan Minum Obat TB

23 May 2018, 22:36 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi dok, Saya mau bertanya, saya penderita TBC dan sedang menjalani pengobatan sudah masuk bulan ke 3, jadwal minum obat saya sebelum puasa adalah jam 06.30 pagi lalu makan jam 08.30 ketika puasa saya rubah jadwal minum obat saya jam 01.30 lalu makan sahur jam 03.30, apakah perubahan jadwal itu tidak apa"? apakah setelah lebaran saya bisa rubah lagi menjadi jam 06.30 seperti awal? karena saya bertanya pada pihak puskesmas dia malah bingung terima kasih jika sudah membantu untuk menjawab

Terima kasih telah bertanya aturan minum obat TBC menggunakan fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Obat TBC memang sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong. Oleh sebab itu, seringkali disarankan untuk diminum pagi hari dan diminimun setiap harinya di waktu yang sama agar tidak lupa. Namun, tidak salah bila Anda mengonsumsinya malam hari namun dengan catatan perut kosong. Jika anda ingin mengubah menjadi jam 7 pagi, diperbolehkan hanya saja setelah itu harus terus jam 7 pagi untuk selanjutnya.

Waktu yang paling baik pemberian obat TBC adalah 1 – 2 jam sebelum makan. Apabila terdapat gangguan saluran pencernaan/lambung apabila diminum sebelum makan, makan obat dapat diminum bersamaan dengan makanan atau setelah makan untuk mengurangi efek gangguan pencernaan.

Yang juga perlu diingat adalah bahwa minum obat Tuberkulosis diperlukan keteraturan minum obat. Jangan putus minum obat sebelum instruksi dari dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar

  • Sit******ah

    Saya pernah rutinan obat tb paru pada taun lalu.. awal nya saya rutinan di puskesmas tapi tidaka samoai 6 bulan hanya 2 bulan lebih selanjut nya saya lanjut rutinan saya melalui dokter karena saya pindah tempat waktu itu.. sampai sekarang saya kira tb paru saya kumat lagi dan saya ingin beli rsep obat tb paru nya tapi saya lupa cara minum nya