Sukses

Bahaya Campak
23 May 2018, 21:05 WIB
Wanita, 39 tahun.

anak saya usia 10bulan 3minggu,.. berbahayakah jika terkena cacar air / campak,.. mengingat pd usia 9 bln kmrn blm di imunisasi campak,.. dan jika setelah sembuh efektifkah jika anak saya di imunisasi campak meskibterlambat,.. trmksh saya tunggu sok

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Campak merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat mudah menular melalui percikan batuk atau bersin dari penderita campak lainnya. Penderita campak akan memperlihatkan keluhan awal seperti gejala-gejala flu, yaitu demam, hidung berair/tersumbat, batuk, mata merah, sakit otot. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung selama 3-5 hari, kemudian diikuti oleh  munculnya ruam (merah-merah) pada seluruh badan yang awalnya akan muncul di di belakang telinga dan mulai menyebar ke bagian tubuh lain dalam waktu 1-2 hari. Ruam tersebut akan menghilang secara berangsur-angsur dalam waktu sekitar 4 hari.

Penularan penyakit ini akan terjadi dalam waktu 2-4 hari sebelum ruam kulit muncul hingga 4 hari setelah ruam kulit muncul, karena itu jauhkanlah anak anda dari anak-anak /orang-orang ain yang belum pernah menderita campak untuk menghindari penularan kepada orang lain. Seseorang yang sudah pernah menderita campak, seumur hidupnya akan kebal terhadap penyakit ini.

Memang tidak ada pengobatan khusus untuk penderita campak, namun anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya.Yang penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat yang cukup dan nutrisi yang baik selama menderita penyakit ini. Pada anak yang sehat dan gizi cukup, daya tahan tubuhnya akan mampu melawan penyakit ini, sehingga jarang berakibat serius.

Obat-obatan yang diberikan kepada penderita sakit campak ditujukan untuk mengatasi gejala-gejala yang timbul. Dokter anak anda yang sebelumnya pasti telah memberikan pengobatan sesuai dengan gejala-gejala yang timbul. Jika anak anda mengeluh gatal-gatal pada ruamnya, anda boleh memberikan bedak tabur untuk menghilangkan gatalnya. Walaupun anak yang sudah pernah menderita campak mempunyai imunitas terhadap campak, imunisasi campak bagi anak yang pernah menderita campak mengurangi resiko terjadinya komplikasi campak seperti infeksi paru-paru maupun radang otak, oleh karena itu agar terlindung dari bahaya campak, tak ada salahnya membawa anak untuk mendapatkan imunisasi sekalipun anak sudah pernah terkena campak sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar