Sukses

Kepala Terbentur

22 May 2018, 11:41 WIB
Wanita, 18 tahun.

Siang dokter.. mau cerita sedikit. Jadi minggu lalu tepat hari rabu kepala saya kebentur keras ke besi (kepala bagian atas dekat ubun2) itu kejadiannya sore dan malamnya langsung pilek tambah badan saya anget gitu aja Pas itu kalau di pegang rasanya ngilu bgt tapi kalo ga di sentuh biasa2 aja Sampe skrg udah lumayan dok trus juga kadang aja ngerasa ngilu kayak lewat dikit gitu aja di kepala Itu kira kira saya harus rontgen atau gapapa ya dok? Makasih sebelumnya

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Anda dapat melakukan penanganan awal benturan kepala misalnya dengan mengkompresnya dengan es batu. Kompres es ini dapat membantu mengurangi peradangan jaringan yang mengalami benturan dan membantu menghentikan perdarahan.

Nyeri yang Anda rasakan adalah hal yang normal karena jaringan yang mengalami benturan akan mengalami peradangan serta desakan dari daerah yang benjol. Daerah benjol ini adalah pembengkakan jaringan serta gumpalan darah yang terbentuk akibat robekan pembuluh darah kecil. Anda tidak perlu khawatir, berdasarkan penelitian yang dipublikasi di Journal of Emergencies, Trauma and Shock dari 388 orang yang mengalami benturan kepala ringan (kesadaran setelahnya tidak terganggu) hanya sekitar 3% nya saja yang mengalami gangguan otak dari hasil CT scan. Lebih dari 97% nya tidak ada gangguan apapun di dalam otaknya setelah benturan terjadi. Jadi, tidak semua benturan kepala memerlukan CT scan. Kondisi pasca benturan kepala yang memerlukan CT Scan diantaranya :

  • Nyeri kepala hebat dan menetap
  • Muntah- muntah
  • Penurunan kesadaran, cenderung mengantuk dan sulit dibangunkan, pingsan
  • Hilang ingatan
  • Bila terjadi kondisi seperti disebutkan di atas, maka Anda disarankan menemui dokter saraf untuk pemeriksaan secara menyeluruh dan kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT Scan atau MRI.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar