Sukses

Ingin Cabut Gigi Tapi Takut Sakit

22 May 2018, 20:04 WIB
Pria, 15 tahun.

Assalamualaikum, dokter aku mau tanya,begini kan aku punya gigi gingsul atas pas di atas taring jadi bertumpuk gingsulnya ada dua sebelah kiri sama sebelah kanan ini kalau mau di cabut gmna dok bisa engga? Aku takut sakit

Terimakasih telah bertanya seputar ingin cabut gigi tapi takut sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Tidak sedikit pasien yang mengalami dental fear/anxiety, alias ketakutan dan kecemasan untuk berkunjung atau berobat ke dokter gigi. Sebetulnya asal Anda yakin dan percaya dengan dokter gigi yang merawat Anda, ketakutan dan kecemasan itu mungkin bisa sedikit diredakan. Tapi kalau memang perasaan itu sulit diatasi, sebetulnya ada cara yang mungkin dapat membantu Anda.

Pendekatan untuk pasien yang mengalami dental fear dapat dilakukan dengan cara farmakologi, alias pendekatan dengan menggunakan obat-obatan tertentu seperti obat analgesik (penghilang rasa sakit) atau obat penenang seperti halnya rekan Sdr.Pendekatan ini juga dapat menggunakan gas N2O, yang membantu untuk meredakan kecemasan pasien, namun pasien tetap sadar saat tindakan dilakukan.

Selain itu, perawatan pasien dengan kecemasan/ketakutan berlebihan dapat dibantu dengan pendekatan non farmakologis, contohnya hypnotherapy. Dengan metode ini, pasien dibantu untuk relaksasi dengan cara hipnotis. Setelah pasien dapat mencapai kondisi relaksasi dalam, pikiran bawah sadarnya akan terbuka, dengan demikian pasien tersebut dapat lebih mudah untuk menerima sugesti penyembuhan yang diberikan. Metode ini sudah banyak diterapkan untuk mengatasi ketakutan pasien yang akan dicabut gigi, terutama di rumah sakit besar. 

Kami sarankan agar mengatasi rasa takut dengan berbagai cara diatas. Setelah itu baru melakukan berbagai tindakan yang dibutuhkan oleh anda. Memang cabut gigi adalah salah satu tindakan medis yang banyak ditakuti oleh orang. Pada proses pencabutan gigi ini prosedur yang tidak nyaman adalah ketika obat anastesi (obat bius) dimasukkan dengan menggunakan jarum suntik, namun saat ini dengan tehnik anastesi tertentu dapat meminimalisir rasa sakitnya sehingga rasa sakit yang dirasakan pasien sangat minimal atau tidak terasa. Ketika Anda harus melakukan prosedur pencabutan gigi sebaiknya utarakanlah ketakutan dan kekhawatiran Anda kepada dokter gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin cabut gigi tapi takut sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar