Sukses

Sakit Kepala dan Mimisan

22 May 2018, 19:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok Sebelumnya saya mau cerita sedikit. Saya mempunyai teman laki-laki usianya 23 tahun dan dia sering sekali mengalami sakit kepala sejak tahun 2016 sampai sekarang, namun sudah sejak 5 bulan terakhir sering mimisan juga dok. Kami sudah mencoba berobat ke 3 dokter yang berbeda dan semuanya melakukan CTscan. Namun dari 3 dokter yang berbeda dokter yang pertama mengatakan bahwa ada tumor otak, sedangkan dokter yang ke 2 dan 3 bilang tidak ada apa2 hanya karena sering begadang, namun akhir-akhir ini ritme mimisannya lebih sering dok dan nyeri juga Itu gimana ya dok? Dan juga gimana cara menghilangkan nyeri sama mimisannya itu

Terima kasih sudah bertanya tentang Sakit Kepala dan Mimisan menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Apakah sebelumnya pernah mengalami hal ini? Keluhan Anda dapat merupakan keluhan yang terpisah sendiri-sendiri namun dapat juga berupa keluhan yang mengacu pada suatu gangguan kesehatan.

Apakah sakit kepala Anda disertai gangguan penglihatan, mual, atau gejala lain? 

Perdarahan dari hidung sering ditemukan sehari-hari, hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Seringkali. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin.

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Pembuluh darah pada hidung anak tergolong rapuh dan mudah pecah yang dipicu oleh beberapa faktor, yang paling sering adalah tauma pada hidung, udara yang panas, atau kelelahan.

Bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung menjadi keluarnya darah dari hidung. Apabila darah hanya sedikit dan cepat berhenti maka tidak ada masalah.

Namun, untuk memastikan apakah kedua gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan Anda membawa istri Anda ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sakit Kepala dan Mimisan , semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar