Sukses

Haid Memanjang

22 May 2018, 15:22 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum, dokter. Saya mau tanya. Ibu saya sering sekali haid lebih dari 15 hari. Kemaren beliau haid disertai sakit yang luar biasa dan saat diperiksa ke dokter katanya infeksi saluran kencing. Nah, karena beliau sudah haid lebih dari 15 hari darahnya nggak ampet juga maka beliau membeli obat pengampet darah tapi ternyata darahnya nggak berhenti juga. Sebelumnya beliau tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya, dok. Kenapa ya? Wassalamualaikum

Terima Kasih sudah bertanya seputar Durasi Haid Memanjang melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Gangguan haid adalah segala sesuatu yang menyimpang dari pola haid normal, baik itu panjang siklus, lama haid, jumlah darah. proses menstruasi sangat dipengaruhi alur hormon yang berada di struktur otak dan organ reproduksi perempuan. dalam kondisi normal haid biasanya : berlangsung antara 21 -35 hari, darah haid rerata 30-40 ml dan paling banyak 80 ml/hari atau mengganti pembalut 3-7 kali, lama haid biasanya antara 3 -7 hari dalam beberapa sumber paling lama hingga 10 hari.

Masalah yang timbul biasanya berkaitan dengan durasi menstruasi baik terlalu singkat ataupun memanjang. jumlah darah haid yang berlebihan. siklus yang terlalu singkat atau terlalu lama, perdarahan antara dua masa haid.

Apabila hai berlangsung hingga 2 minggu maka termasuk dalam gangguan haid. memanjanganya durasi haid/menstruasi ini akan menyebabkan masalah kesehatan tersering yaitu, anemia. oleh karena itu biasanya dianjurkan konsumsi penambah darah. namun untuk mengembalikan siklus haid biasanya diberikan obat obatan yang berkaitan dengan hormon menstruasi yaitu progesteron dan estrogen.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidDan lain sebagainyaSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Untuk itu, apabila terdapat gejala gangguan haid, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kandungan agar dapat diberikan penanganan terbaik untuk kedepannya

Demikian kami sampaikan informasi seputar Durasi Haid Memanjang, semoga informasi ini bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar