Sukses

Telat Haid 2 Bulan

22 May 2018, 13:30 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, sudah telat 2bulan td sore saya mengeluarkan gumpalan dr V, apakah berbahaya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang telat haid 2 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Telat haid seringkali membuat wanita khawatir. Menstruasi merupakan peristiwa luruhnya dinding rahim akibat tidak terjadinya proses pembuahan. Peristiwa ini rutin terjadi setiap bulannya pada wanita yang tidak mengalami pembuahan. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari, namun jika Anda terlambat mengalami menstruasi, selain kehamilan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

Faktor yang dapat menyebabkan telat haid bisa disebabkan oleh:

  • Kehamilan, kehamilan membuat dinding rahim mempersiapkan diri untuk tempat tumbuh dan berkembangnya janin, sehingga tidak terjadi peluruhan dinding rahim.
  • Stress, keadaan stres menyebabkan gangguan keseimbangan hormon GnRH yang dapat menyebabkan menstruasi tertunda
  • Masalah Berat Badan, baik kelebihan maupun kehilangan berat badan. Perbaiki berat badan menuju berat badan ideal, konsumsilah makanan yang sehat agar siklus menstruasi tetap teratur. makanlah buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian. Hindari terlalu banyak makan junkfood karena dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh Anda
  • Penyakit tiroid, gangguan pada kelenjar tiroid nyata dapat mempengaruhi siklus menstruasi karena dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Jika Anda telat haid, pertama yang dapat Anda lakukan ialah, jika Anda pernah memiliki riwayat berhubungan seksual 1 bulan terakhir (pada tanggal yang telah dijelaskan), disertai gejala seperti mual dan sakit di sekitar payudara, maka hendaknya Anda melakukan pemeriksa testpack, untuk mengetahui apakah Anda hamil/tidak. Namun jika hasilnya negatif, silahkan Anda cermati, apakah belakangan ini memiliki banyak pikiran berat atau faktor lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Jika sampai bulan depan Anda masih telat haid, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar