Sukses

Haid Tidak Teratur

22 May 2018, 11:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang Dok..saya ibu rumah tangga dgn usia 21 tahun.saya menikah sudah 5tahun dan memiliki seorang anak.. setelah saya melahirkan sekitar 3 tahun yg lalu, menstruasi saya tidak lancar. Kadang flek kecoklatan,kadang juga menstruasi (tapi hanya sedikit).Dan itupun keluar nya sering sekali, sebulan bisa 2x(hanya sedikit2).Haid saya terkadang hanya 3 hari,dan di hari ke 4 sudah bersih.Hari kelima saya berpuasa sore nya keluar lg darah flek.Hari ke 6 saya tidak puasa karena takut masih haid.Tetapi setelah menjelang sore sudah tidak ada lagi,apakah ini normal untuk wanita yg ber KB suntik? Apakah yg flek darah di hari kelima itu disebut dgn haid jg? Mohon jawabannya ya Dok.. Terimakasih

  Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi melalui fitur TanyaDokter 

Siklus haid umumnya dihitung dengan menghitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutny. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut. Bagaimana dengan siklus haid anda?

Salah satu efek samping suntik KB yang cukup sering ialah gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun. Salah satu solusi adalah menunggu. Apabila siklusnya tak kunjung normal dan ini mengganggu Anda, Anda dapat mengganti metode KB yang non hormonal.

KB suntik dapat menyebabkan peningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, gangguan haid seperti bercak (bercak kecoklatan yang disebut flek) atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab gangguan tidak haid Anda disebabkan oleh efek samping kb suntik atau ada kondisi lain yang mendasarinya.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar