Sukses

Benjolan pada Vagina

22 May 2018, 10:56 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dokter, saya mau tanya - Pada 10 Mei 2018, disekitar bibir vagina sebelah kiri timbul benjolan berwarna kemerahan yang jika dipegang/tergesek terasa sedikit nyeri. Hingga saat ini (20/5/18) benjolan tersebut masih ada, namun mengecil dan tidak terasa sakit lagi. - Benjolan timbul bersamaan dengan terjadinya flek berwarna cokelat selama 6 hari. - Saat ini (20/05/18) flek cokelat sudah berhenti dan saya mengalami keputihan yang berwarna kekuningan, sedikit gatal, lengket dan berbau. - Saya baru menikah Maret 2018, saat berhubungan badan tidak terasa sakit dan berjalan normal. Kira2 gejala tersebut pertanda penyakit atau hal lain, dok? Mengingat saya sedang mengharapkan kehamilan, awalnya saya kira saya hamil karena flek cokelat dan banyak gejala2 seperti awal kehamilan tapi karena disertai timbul benjolan saya jadi ragu. Sekiranya saya menderita suatu penyakit,apakah ada serangkaian tes yang harus saya jalani agar semuanya semakin jelas dan dapat segera diobati, dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kutil: kutil pada daerah disekitar vagina memiliki karakteristik benjolan berjumlah kecil, multiple, dengan permukaan seperti bergirigi.
  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Silahkan baca juga artikel berikut: Keputihan

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar