Sukses

Air Mata Bercampur Darah

22 May 2018, 11:11 WIB
Pria, 43 tahun.

Maaf dok.. saya mw tanya. Anak kena sakit mata. Matanya bengkak. Saya velu obat tetes mata untuk anak [CENDO XITROL] yg katanya untuk anak dosisnya 1tetes. Ketika matanya anak sya di tetesi obat mata tsb keluar air mata yg sepertinya bercampur darah[ air matanya merah bening]. Gmana ya dok... apakah berbahaya... apa memang seperti itu? Mohon penjelasanya. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Air Mata Bercampur Darah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebaiknya hindari sembarang membeli obat terlebih untuk anak tanpa adanya pemeriksaan oleh dokter secara langsung. Supaya tidak terjadi kesalahan penanganan dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut. 

Air mata bercampur darah secara medis disebut haemolacria (bloody tears).

Penyebab haemolacria antara lain adalah histeria (emosional berlebihan yang tidak terkontrol), gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, penyakit pembuluh darah (hipertensi atau tekanan darah tinggi), menstruasi, infeksi kelenjar air mata, peradangan di mata, trauma daerah wajah dan tumor (keganasan) di kelenjar air mata. Haemolacria bukan penyakit tetapi suatu gejala dari penyakit yang mendasarinya.

Penanganan haemolacria bergantung penyebab yang mendasarinya. Penyebab yang mendasari kondisi ini bermacam-macam dari histeria, infeksi, trauma hingga tumor di kelenjar air mata. Penderita dengan gejala haemolacria membutuhkan pemeriksaan yang menyeluruh untuk mencari penyebabnya.

Untuk itu,kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Air Mata Bercampur Darah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar