Sukses

Lapar Terus Saat Hamil

22 May 2018, 07:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hallo dok. Saat ini saya sedang hamil 22minggu, dan setiap habis makan banyak kenapa badan saya sering jadi lemas malah kalau dipaksain berdiri atau duduk jadi pingsan. Berat badan saya termasuk sangat kurus sebelum hamil, tapi setelah hamil saya jadi sering makan dan porsinya bertambah. Kira-kira penyebabnya apa yah dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Rasa lapar bisa disebabkan oleh lambung kosong atau saat kondisi tubuh hipoglikemia (kadar gula rendah) yang akan memberi sinyal ke otak untuk makan. Selain itu, mencium bau makanan juga dapat memicu rasa lapar. Rasa lapar merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dan terus menerus merasa lapar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi/minuman bersoda
  • Kurang tidur: kurang tidur selain memperlambat metabolisme tubuh juga dapat merangsang hormon ghrelin yang memicu rasa lapar
  • Stress/bosan
  • Tidak sarapan
  • Penyakit diabetes/kencing manis

Apakah anda pernah melakukan pemeriksaan gula darah selama kehamilan ini? Kami sarankan anda untuk berkonsultasi langsung mengenai keluhan anda pada dokter jika dirasa mengganggu. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar