Sukses

Cacar Air

22 May 2018, 07:18 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat Pagi Dokter Saya mau tanya, (1) saya sekarang lagi kena cacar air, yang di bagian badan ruam merah dan berair tp yg di bagian kepala bengkak dan seperti bernanah hampir seluruh bagian kepala. (2) langit-langit mulut saya seperti kena sariawan tp gk sakit dok, warnanya kekuningan gitu, kira-kira itu gejala apa ya dok? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang cacar air menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Cacar air merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicela zooster. Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang.

Pengobatan yang diberikan biasanya berupa pengobatan suportif/ simptomatik dan menjaga higienis yang baik agar terhindar dari infeksi sekunder. Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol.

Pengobatan antivirus seperti dengan asiklovir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam waktu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.

Umumnya, pada hari ke-5, lepuhan baru sudah tidak terbentuk lagi. Seluruh lepuhan akan mengering pada hari ke-enam dan mengehilang dalam waktu kurang dari 20 hari. Air larutan PK dapat diberikan untuk mencegah infeksi sekunder karena bakteri.

Oleh karena utamanya cacar air menyerang karena ada virus serta terdapat penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran).

Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar