Sukses

Mengiris Sendiri Kulit Penis, Berbahayakah?

22 May 2018, 05:55 WIB
Pria, 30 tahun.

Malam Dok,saya mau tanya mengenai mr p. Mr p saya sewaktu ereksi bengkok kebawah dan saya liat seperti ada kulit yang tak terpotong sewaktu sunat dahulu, apakah boleh saya iris sendiri kulit yang masih menempel tersebut? Minta arahannya Dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya perlu diketahui sejak kapan Bapak mengalami hal ini? Apakah ada riwayat trauma atau cedera penis sebelumnya? Apakah ada rasa nyeri saat ereksi?

Penyebab paling sering dari keluhan penis bengkok dengan kekakuan atau nyeri adalah Peyronie's Disease, yaitu sebuah keadaan terbentuknya lapisan jaringan fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bawah penis. Ketika penis mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi.

Pada pemeriksaan fisik dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis. Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keadaan ini. Namun, banyak juga yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menyebebkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur). Penyebab lain dapat berupa striktur atau jaringan parut pada saluran kencing (riwayat trauma saluran kencing) atau hipospadia (penis berukuran kecil).

Untuk mengoreksinya, harus dilakukan oleh dokter yang terampil. Jika tidak, maka berisiko untuk infeksi dan malah semakin memburuk. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi dengan dokter urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar